HAKIKAT DAN FUNGSI ILMU SOSIAL DASAR DALAM PERGURUAN TINGGI

HAKIKAT DAN FUNGSI ILMU SOSIAL DASAR DALAM PERGURUAN TINGGI
Pendidikan adalah suatu usaha nyata dan terencana untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Manusia adalah makhluk sosial, berarti tidak bisa hidup tanpa orang lain. Manusia sebagai makhluk sosial akan selalu dan pasti akan berhadapan dengan masalah-masalah sosial yang ada disekitarnya, oleh karena itu diberikanlah pendidikan imu sosial dasar untuk melatih atau menyadarkan seorang manusia/individu untuk dapat memahami, peka, dan dapat ikut serta dalam menanggulanginya.
Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang menelaah tentang kehidupan sosial yang terjadi di masyarakat, serta membahas permasalahan yang terjadi saat interaksi sosial itu terjadi. ISD mempunyai beberapa tujuan, yaitu:
-Memahami atau menyadari adanya suatu kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat.
-Sadar terhadap suatu masalah sosial dan tanggap untuk berperan dalam uaha menanggulanginya.
-Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mempelajari secara kritis.
-Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Contoh masalah sosial yang terjadi di Indonesia:
-Kemiskinan. Walaupun pada saat ini bangsa kita mengalami pertumbuhan ekonomi namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat di sekitar kita yang hidupnya dibawah garis kesetaraan ekonomi.
-Warga miskin. Meski tidak berbeda jauh dengan masalah yang di atas tetapi masalah sosial yang satu ini bisa menimbulkan masalah lain yaitu kriminalitas semakin meningkat, kehidupan suatu keluarga menjadi kurang harmonis, mendapatkan tekanan pada zaman yang semakin berkembang, dan frustasi. Hal ini juga harus mendapatkan penanganan yang serius.
-Pengangguran. Masalah yang satu ini dapat menyebabkan rendahnya SDM yang ada di Indonesia, sehingga para pelaku sosial dapat melakukan suatu yang di luar batas kemanusiaan.
Tujuan pembelajaran dari Ilmu Sosial Dasar untuk seorang Mahasiswa ialah sebuah pondasi atau dasar bagi kehidupan seorang mahasiswa untuk bersikap yang sewajarnya sebagai pelaku sosial/makhluk sosial, yaitu ikut berperan penting dalam kegiatan sosial di kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Karena pada hakikatnya mahasiswa ialah manusia dan manusia ialah makhluk sosial yang berarti mahasiswa tidak bisa berkembang tanpa adanya orang lain. Maka sudah sebuah kewajiban bagi mahasiswa untuk mendalami dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari Ilmu Sosial Dasar dalam kehidupannya, baik di dalam lingkungan kampus maupun di lingkungan masyarakat.





Sumber referensi: akhman.blogspot.com
                Ajipriadii11.blogspot.com

Komentar