MENGGALI POTENSI DIRI SENDIRI



 Dalam penulisan kali ini, saya sebagai penulis ingin memberikan kiat-kiat dalam menggali potensi diri sendiri. Penulisan ini didasarkan oleh pengalaman pribadi penulis dalam menggali potensi diri sendiri.


 Setiap individu diberkahi kemampuan sejak lahir, kemampuan atau potensi tersebut tidak akan berkembang jika individu tersebut tidak dapat mengetahuinya. Potensi yang kita miliki juga dapat berpengatuh dalam sukses atau tidaknya dalam karir kita. Banyak para pengusaha besar mendulang kesuksesan dengan mengembangkan potensi yang mereka miliki, dan banyak pula para pengangguran karena mereka tidak mampu menggali potensi yang dimiliki dan mengembangkannya. Mempunyai potensi adalah suatu berkah yang harus disyukuri, salah satu cara mensyukuri berkah tersebut dengan terus menggali dan mengasah potensi yang diberikan. Menggali potensi diri bisa dibilang gampang-gampang susah, ada kiat-kiat dalam menggali potensi diri, berikut adalah tips & trik dalam menggali potensi diri menurut pribadi penulis.


  • Kenali Diri Sendiri
Menjadi sebuah pribadi yang mempunyai potensi yang dapat dikembangkan kita harus dapat mengenali diri sendiri. Mengenali diri sendiri adalah aspek dasar dalam menggali potensi diri. Kelebihan dan kekurangan itulah yang nantinya akan menjadi acuan dimana letak potensi diri kita. Tanyakanlah pada diri sendiri apa kelebihan dan kekurangan diri, juga tanyakan pada teman dekat atau keluarga, dan jika dibutuhkan bisa dengan mengikuti tes psikologi.
  • Mencoba Hal Baru
Ketika kita telah mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, beranikanlah untuk mencoba hal baru yang positif. Aspek ini dapat berperan sebagai jalur untuk dapat mengembangkan potensi diri. Sebagai contoh, ketika kelebihan diri yang telah dikenali merupakan sesuatu hal yang baru bagi diri kita, maka beranikanlah untuk mencoba hal baru tersebut agar dapat berkembang dengan baik.
  • Percaya Diri
Sebagian individu kurang percaya diri akan kemampuannya sendiri, sehingga potensi yang akan digali begitu sulit. Aspek ini berpengaruh terhadap perkembangan potensi diri yang kita miliki. Ada banyak cara agar kita dapat percaya diri untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, salah satu contohnya ada dengan terus mendalami potensi tanpa terpengaruh akan omongan orang lain.
  • Hilangkan Gengsi
Anak muda jaman sekarang lebih mengutamakan gengsi mereka dibanding dengan potensi yang mereka miliki. Gengsi jika terus diikuti maka potensi yang kita miliki tidak akan mudah berkembang karena terbatas oleh gengsi. Karena gengsi juga kita jadi tidak bisa mengenali siapa diri kita dan apa potensi yang kita miliki. Untuk menghilangkan gengsi menurut diri penulis pribadi, yaitu perbanyak teman dan jangan terpengaruh oleh omongan orang.
  • Positif Thinking
Positif thinking merupakan bagian dari semua kesuksesan, jika ingin sukses dalam menggali potensi diri maka berpositif thinking lah dalam menggalinya. Hilangkan semua pikiran negatif demi menggali potensi semaksimal mungkin dan sesuai harapan. Caranya adalah bersyukur dalam setiap potensi yang dapat digali dibanding dengan mengeluhkannya.
  • Mempunyai Motivasi Diri
Dalam menjalani kehidupan ada baiknya kita sebagai individu mempunyai sebuah motivasi diri agar dapat maju dan berkembang. Motivasi diri tidak harus berupa kalimat-kalimat mutiara, motivasi diri juga dapat berupa orang yang kita sayangi. Ketika ada orang yang kita sayangi maka kita akan termotivasi untuk melakukan sesuatu yang kita ingin impikan. Sebagai contoh kita memimpikan menjadi orang yang sukses demi orang yang kita sayangi, maka kita perlu mengembangkan potensi agar menjadi apa yang kita impikan.
  • Jangan Mengadili Diri Sendiri
Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam mencapai tujuan, jangan menyesali dan mengadili diri sendiri berlarut-larut. Hal ini hanya akan membuang waktu dan energi. Bagkit dan terus kejarlah tujuan dari potensi yang diharapkan, jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan pelajaran untuk terus maju. 


Itulah beberapa kiat-kiat menggali potensi diri sendiri menurut pengalaman pribadi penulis. Ikuti beberapa kiat-kiat diatas dengan cara yang menurut kalian sesuai. Kiat-kiat diatas hanya berdasarkan pengalaman pribadi yang penulis telah lakukan, jika ada kata-kata yang tidak berkenan mohon dimaafkan. Terima Kasih.

Komentar

Posting Komentar