KENYATAAN-KENYATAAN SOSIAL DAN MASALAH-MASALAH SOSIAL YANG ADA DALAM MASYARAKAT

Menurut pendapat Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara nilai-nilai budaya atau masyarakat, yang dapat member dampak negative terhadap kehidupan suatu kelompok sosial. Jika terjadi suatu perselisihan antara unsur-unsur yang dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah sosial terjadi akibat perbedaan yang nyata antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 faktor, yaitu:
Faktor Ekonomi
Faktor ini merupakan efek terbesar dalam terjadinya masalah sosial yang ada dalam masyarakat. Terutama pada krisis lapangan kerja dan PHK yang terjadi dimana-mana. Apalagi banyak kalangan yang mencari uang dengan jalan yang salah, contohnya: merampok; mencuri; mengemis; dan memalak.

Faktor Biologis
Salah satu penyebab dari faktor ini adalah wabah penyakit yang dapat menular dan menimbulkan masalah sosial pada lingkungan masyarakat.

Faktor budaya
Masyarakat di Indonesia tidak luput dari yang namanya pengaruh budaya. Termasuk budaya negatif yang dapat menimbulkan masalah sosial dalam masyarakat, contohnya adalah tawuran pelajar yang sudah menjadi budaya atau adat dari setiap pelajar di Indonesia untuk mendapatkan kekuasaan atau sesuatu yang diinginkan, padahal pelajar adalah aset terpenting dari suatu Negara untuk memajukan bangsanya di masa depan.

Faktor Psikologis
Faktor ini lebih susah diatasi karena menyangkut kejiwaan dan mental seseorang yang dimana mereka sendiri dapat mengatasinya. Faktor ini biasanya menuju ke aliran sesat, aliran sesat ini sudah meresahkan masyarakat walaupun banyak yang ditangkap dan dibubarkan.
Berdasarkan 4 faktor masalah sosial yang diatas, masalah sosial yang terjadi di masyarakat di Indonesia sangatlah kompleks, kenapa begitu kompleks?karena di setiap faktor terdapat unsur-unsur penting dalam membangun moral bangsa contohnya adalah faktor budaya, karena yang menjadi peran utama dalam masalah sosial tersebut adalah pelajar yang mana nantinya akan membangun masa depan negeri ini. Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa dan masyarakat Indonesia sangatlah wajib bagi kita untuk mencegah atau mengatasi 4 faktor masalah sosial yang ada di atas.

Sumber: wikipedia.com
              Agozr.blogspot.com


Komentar