NEW MEDIA

      1. Definisi New Media

          New Media, bila diartikan sesuai bahasa berarti media baru, atau dari sudut pandang lain dimaksudkan kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Pada intinya, saya dapat mengartikan new media merupakan sebagian besar media (baru) yang muncul dari akhir abad ke-20 dan terus berkembang serta akan terus mengalami pembaharuan sampai saat ini, yang berguna untuk memperluas IPTEK pemakai (user). Berikut adalah definisi new media dari beberapa ahli:
·                             Menurut Santoso S. Hamidjojo dalam Amir Achsin (1980), media adalah semua bentuk perantara yang dipakai orang menyebar ide, sehingga ide atau gagasan itu sampai pada penerima.
·         Menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti:buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.

2.  Pandangan Terhadap New Media

Bila dilihat dari sudut pandang manapun, new media merupakan salah satu hal terpenting bagi setiap manusia, hal tersebut dapat dibuktikan dengan terus berkembangnya teknologi sampai saat ini, teknologi tersebut terus berkembang dikarenakan manusia yang berperan sebagai pemakai(user) tidak pernah memiliki rasa kepuasan yang berujung, maka dari itu mereka selalu memiliki cara untuk terus mengembangkan teknologi-teknologi new media tersebut.


3. Manfaat

Jika kita membicarakan tentang manfaat new media, tentu saja tidak bisa dijabarkan satu-persatu, yang terpenting ialah new media sangat berguna bagi manusia(user) sebagai pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi disetiap kalangan masyarakat, tanpa terkecuali. Selain itu, new media juga memberi keuntungan besar bagi suatu negara,  yaitu dengan menandakan negara tersebut sebagai salah satu negara berkembang. Dan jika saja ingin dikelompokkan sesuai bidangnya, salah satu contohnya adalah pada bidang bisnis, yaitu kita dapat mencoba membuka usaha online dengan memanfaatkan aplikasi new media.


4. Komponen New Media
       
        Komponen new media melalui tiga tahap :
a.    Yang pertama Produsen, dapat diartikan sebagai pembuat(creator) new media.
b.    Yang kedua, Distributor, diartikan sebagai penyalur new media tersebut kepada konsumen(user).
c.    Dan yang terakhir adalah Konsumen, dapat diartikan sebagai pemakai atau pengguna new media.

5.  Aplikasi New Media

Sampai saat ini sudah banyak sekali aplikasi new media yang beredar dikalangan masyarakat kita sendiri, bahkan mungkin seseorang akan dibilang gaptek bila tidak ambil peran menyendiri dalam menggunakan aplikasi new media tersebut. Contoh aplikasi new media yaitu seperti twitter&facebook yang masuk dalam kategori jejaring social, youtube yang masuk dalam kategori hiburan, serta goal.com dan detik.com juga dapat dikatakkan sebagai aplikasi new media yang masuk dalam kategori sarana informasi(berita).

6.  Kekurangna dan Kelebihan New Media

6.1 Kekurangan
                      i.        Menyebabkan pengguna (user) menjadi malas karena hanya mengandalkan media tersebut.
                    ii.        Menimbulkan kesempatan untuk berlaku tindak kriminal.
      6.2 Kelebihan
                      i.        Sebagai pengembang IPTEK.
                    ii.        Sarana untuk mengetahui kejadian atau peristiwa tanpa harus berada di lokasi tersebut.




REFERENSI :

Komentar