Pengertian Konvergensi Media
Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu convergence. Kata
konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau lebih bertemu dan bersatu dalam
suatu titik (Arismunandar, 2006: 1) . Konvergensi akan mudah dibayangkan jika
menggunakannya dalam ilmu fisika khususnya tentang cahaya. Cahaya matahari
datang dari berbagai sudut yang kemudian dikumpulkan atau dibiaskan oleh loop
(kaca pembesar) pada satu titik. Penggabungan berkas-berkas cahaya tersebut
adalah peritiwa konvergensi.
Sehingga, konvergensi media berarti penggabungan atau pengintegrasian
media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan.
Istilah konvergensi secara umum juga merujuk pada kaitannya dengan perkembangan
teknologi komunikasi dan informasi (TIK). Kata konvergensi ini umum dipakai
dalam perkembangan teknologi digital, integrasi teks, angka, gambar, video, dan
suara.
Konvergensi jaringan adalah konsistensi efisien telepon, video dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode
komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan
tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.
Dampak Konvergensi Media
Konvergensi media juga mengubah hubungan antara
teknologi, industri, pasar, gaya hidup dan khalayak. Singkatnya, konvergensi
mengubah pola-pola hubungan produksi dan konsumsi, yang penggunaannya berdampak
serius pada berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan
kebudayaan.
Misalnya saja, bagaimana surat kabar harian Kompas yang
dulunya hanya menyediakan berita di media cetak kemudian menghadapi perubahan
teknologi yang drastis ini. Ternyata Koran kompas juga mengikuti perkembangan
teknologi sehingga juga menyediakan berita di internet seperti kompas.com atau
detik.com. Dengan tersedianya berita di internet yang bisa dikonsumsi dengan
computer bahkan sekarang bisa mengkonsumsi berita dengan handphone (Hp),
sehingga masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi, hiburan, sosial, politik,
bahkan bidang ekonomi ( misalnya, saat ini, orang tidak perlu repot lagi jika
ingin berbelaja sesuatu, dari ponsel yang dimiliki bisa melakukan banyak hal
misalnya membaca koran di pagi hari, bertegur sapa dengan para kolega, mengirim
pesan penting dalam bentuk yang singkat (SMS) atau panjang melalui email,
melakukan rapat-rapat penting, sampai pada melakukan transaksi dalam jumlah
yang besar. Semua konten tersebut hadir dalam satu platform media. Perkembangan teknologi kini sudah tidak bisa dihindari lagi, salah satu buktinya adalah dengan adanya konvergensi media. Konvergensi media adalah penyatuan atau penggabungan berbagai media dan teknologi komunikasi. Konvergensi media merupakan integrasi dari fungsi-fungsi beberapa media ke dalam satu media. Hal ini membuat runtuhnya tembok pemisah antara berbagai teknologi dan aplikasi komunikasi dan informasi, sehingga antara teknologi satu dan yang lainnya tidak dapat dibedakan lagi. Konvergensi muncul didorong oleh kebutuhan pengguna akan beberapa fungsi teknologi. Fungsi-fungsi tersebut awalnya berada pada media yang berbeda-beda, karena dorongan ini maka dihasilkanlah perpaduan dari beberapa fungsi ini ke dalam satu media saja. Disinilah konvergensi terjadi.
Konvergensi berkaitan dengan dunia digitalisasi . Setiap informasi berkembang dari format analog menjadi format digital. Apa itu digital? Teknologi digital berkaitan dengan internet, maka dari itu konvergensi memungkinkan bergabungnya media telekomunikasi tradisional dengan internet sekaligus. Dibanding analog, digital memiliki beberapa kelebihan seperti memproses informasi lebih cepat, tidak mudah terganggu oleh gangguan luar seperti cuaca dan bangunan, dan tampilan yang modern. Konvergensi teknologi yang besar dimulai ketika ditemukan telepon, televisi dan komputer yang kemudian teknologi ini disatukan dengan teknologi internet yang akhirnya berkembang tanpa batasPerkembangan teknologi kini sudah tidak bisa dihindari lagi, salah satu buktinya adalah dengan adanya konvergensi media. Konvergensi media adalah penyatuan atau penggabungan berbagai media dan teknologi komunikasi. Konvergensi media merupakan integrasi dari fungsi-fungsi beberapa media ke dalam satu media. Hal ini membuat runtuhnya tembok pemisah antara berbagai teknologi dan aplikasi komunikasi dan informasi, sehingga antara teknologi satu dan yang lainnya tidak dapat dibedakan lagi. Konvergensi muncul didorong oleh kebutuhan pengguna akan beberapa fungsi teknologi. Fungsi-fungsi tersebut awalnya berada pada media yang berbeda-beda, karena dorongan ini maka dihasilkanlah perpaduan dari beberapa fungsi ini ke dalam satu media saja. Disinilah konvergensi terjadi. Konvergensi berkaitan dengan dunia digitalisasi . Setiap informasi berkembang dari format analog menjadi format digital. Apa itu digital? Teknologi digital berkaitan dengan internet, maka dari itu konvergensi memungkinkan bergabungnya media telekomunikasi tradisional dengan internet sekaligus. Dibanding analog, digital memiliki beberapa kelebihan seperti memproses informasi lebih cepat, tidak mudah terganggu oleh gangguan luar seperti cuaca dan bangunan, dan tampilan yang modern. Konvergensi teknologi yang besar dimulai ketika ditemukan telepon, televisi dan komputer yang kemudian teknologi ini disatukan dengan teknologi internet yang akhirnya berkembang tanpa batas
Konsep Jejaring Sosial
Definisi Konsep Jejaring Sosial
Jejaring Sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan
yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang
tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs
tersebut.
Konsep dasar situs jejaring sosial ialah menyediakan
layanan senyaman mungkin kepada pengguna dalam melakukan kegiatan sosial di
dalam ruang virtual. Hal yang harus dilakukan sebelum menggunakannya, pengguna
harus melakukan registrasi, dari membuat ID dan password hingga identitas
pribadi, jika mereka ingin mengakses
konten – konten di dalamnya. Biasanya situs jejaring sosial memiliki fasilitas
pertemanan (Facebook, Twitter), dimana para pengguna akan mengajak teman atau
kerabat untuk bergabung dan menjadi pengguna dalam situs tersebut. Dan ada juga
yang menyediakan fasilitas komersial untuk jual beli contohnya situs
kaskus.co.id. Inilah yang menjadi cara utama situs jejaring sosial untuk
menarik banyak pengunjung ke dalam situs mereka.
Sejarah Jejaring Sosial
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya
dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial
melalui komunikasi antar komputer. Situs jejaring sosial diawali oleh
Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman
sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung.
Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim
pesan.
Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar
pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh
Epinions.com, dan situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi
memperluas informasi secara searah yang berbasiskan pertemanan seperti yang
dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK
regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan
siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan
isi dan hubungan. Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama
yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam keanjutannya,
friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna
lain. Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan
friendster, Flick R, You Tube, Myspace.
Pada tahun 2005, layanan jejaring sosial MySpace,
dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing
yang tumbuh dengan cepat. Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi
internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada
bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli
Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs
jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Beberapa jenis jejaring sosial yang terkenal saat ini
adalah :
- Foursquare
- Linked In
- Tumblr
- Soundcloud
- Youtube
- Vine
- Path
Konsep RSS
- Definisi RSS :
RSS adalah
sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan
kebanyakan) web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa
singkatan yaitu :
- Rich Site Summary (RSS 0.91)
- RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
- Really Simple Syndication (RSS 2.0)
- Sejarah RSS :
RSS pertama kali diperkenalkan oleh Netscape pada tahun
1999 yang digunakan pada situs My.Netscape.com. Pada waktu itu RSS yang keluar
pertama kali adalah RSS versi 0.9 dan kepanjangan RSS waktu itu adalah RDF Site
Summary.
Tahukah anda, bahwa logo RSS yang berwarna orange dan ada
gambar sinyal radio nya itu pertama kali digunakan oleh browser Mozilla Firefox
pada tahun 2005.Dan untuk pertama kalinya Internet Explorer bekerjasam dengan
Mozilla yaitu IE tertarik menggunakan icon RSS pada Firefox dan menggunakannya
di browser IE7. Setelah itu Opera pun mengikutinya dan sekarang icon tersebut
telah menjadi simbol RSS.
Sekarang RSS telah ada dalam versi RSS 2.0 dan
kepanjangannya sudah ganti menjadi Really Simple Syndication.Bahkan variannya
juga sudah mulai banyak seperti Atom dan Podcasts.Tetapi RSS masih tetap paling
populer karena kemudahannya sampai saat ini.Oke sekarang jika anda menemukan
website yang menyediakan RSS ini berarti anda dapat menampilkan sepenggalan
berita pada website tersebut kedalam website anda.Dan karena RSS bentuknya XML
anda tentu harus mengubah isi RSS tersebut / Parsing kebentuk yang kita
inginkan, atau minimal enak dibaca.Karena RSS berbentuk XML maka kita perlu
mengetahui dulu strukturnya.
Berikut ini 10 manfaat dan kelebihan RSS:
- Menjalin hubungan lebih erat dengan pelanggan. Pelanggan yang mendaftar RSS anda akan terus mendapatkan informasi terkini mengenai bisnis anda.
- Hasilkan lebih banyak traffik. Memanfaatkan RSS akan menghasilkan lebih banyak traffik buat anda.
- Jaminan konten sampai. Beda dengan email marketing yang kadang tak sampai 100% berhasil masuk ke email pelanggan, menggunakan RSS pasti sampai ke alat RSS mereka.
- Pengunjung mudah mensubscribe. Mendaftar di RSS sangat mudah. Pengunjung tak repot untuk melakukannya.
- Menerbitkan konten sangat mudah. Update konten terbaru akan sampai di RSS reader pembaca.
- Mudah menyebar di internet. Melalui RSS, konten dan berita dari website anda mudah tersebar secara luas di internet.
- Membuat pengunjung datang lagi. Pengunjung yang baru pertama kali datang ke website atau blog anda, setelah mendaftar di RSS, besar kemungkinan akan datang kembali.
- Membentuk target kontak tertarget. Secara otomatis, mereka yang tak tertarik dengan konten anda tak akan mendaftar. Sebaliknya mereka yang tertarik akan mendaftar.
- Tempat iklan. Sekalipun perkembangan iklan di RSS tak sekencang di tempat lainnya, namun tak menutup kemungkinan nantinya akan menjadi salah satu alternatif utama beriklan.
- Melihat kebiasaan pengunjung. Melalui RSS juga bisa dilacak bagaimana kebiasaan pelanggan RSS anda. seberapa sering membaca dan mengklik link konten anda melalui feed.
- Definisi Podcasting
Podcast adalah jenis media digital yang terdiri dari
serangkaian episodik audio, video, PDF, atau file ePub file berlangganan dan
download melalui sindikasi web atau streaming secara online ke komputer atau
perangkat mobile.
Podcast berasal dari "broadcast" dan
"pod" dari kesuksesan iPod, podcast sering digunakan untuk
mendengarkan pada pemutar media portabel. Dalam konteks perangkat Apple,
istilah "Podcast" mengacu pada audio dan versi video podcast,
sedangkan versi tekstual podcast diklasifikasikan dalam aplikasi yang dikenal
sebagai Newsstand.
- Manfaat dari Podcasting
Podcasting menyenangkan, karena semua orang dapat ikut
terlibat, mengekspresikan diri, atau bertukar pikiran dan produk mereka.
Dalam podcasting, ribuan orang sudah terlibat, setiap
orang berbeda dengan podcasting mereka. Dan tidak perlu sebuah Studio atau
sebuah lisensi FCC.
Hanya memerlukan sebuah microphone, komputer dan sesuatu
yang dapat dibagikan.
Mudah untuk dikendalikan.
Tidak perlu takut kepada spam atau virus, karena
Podcasting menggunakan RSS
REFERENSI :
- http://kampoeng-it.blogspot.com/2012/11/definisi-manfaat-penggunaan-cara-kerja.html
- http://heriosusanto.blogspot.com/2012/11/konsep-teknologi-konvergensi-new-media.html
- http://lelyumiasih.blogspot.com/2012/11/konsep-teknologi-new-media.html
- http://tataldita.wordpress.com/tag/dampak-konvergensi-media/
Komentar
Posting Komentar