SEJARAH ARSITEKTUR WEB DAN WEB SCIENCE

Pada pembahasan tugas saya kali ini yaitu, mengenai sejarah arsitektur web dan web science. Pembahasan tugas ini dibuat dengan metode singkat dan jelas.

PENGERTIAN WEB:

Sir Timothy John 'Tim' Berners-Lee adalah manusia yang menemukan web atau website pada tahun 1991. Pada awalnya Sir Timothy menciptakan situs web bertujuan untuk membantu para ilmuwan saling menukar informasi dan memperbaruinya. Pada tahun 1993, CERN (tempat Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat dimiliki atau diakses secara bebas oleh perorangan atau perusahan, untuk menyatakan informasi pada perusahaan atau individu tersebut. 


  • PRE WEB (MEMEX, USENET, GOPHER, FTP, INTERNET)

 Pre web ini adalah web sebelum muncul versi 1.0; 2.0; 3.0.

  • WEB 1.0; 2.0; 3.0
Web 1.0 mengandalkan tag HTML-nya.
Web 2.0 diciptakan pada tahun 2003-2004 pada versi ini, pengguna dapat merasakan internet 2 arah/sharing.
Web 3.0 terdiri dari web semantik, format mikro, pencarian dalam bahasa pengguna, penyimpanan dalam data besar, pembelajaran lewat mesin, dll.



PENGERTIAN WEB SCIENCE:

Sebelum kita mengetahui tentang sejarah web science, ada baiknya kita mengenal dahulu pengertian dari web science itu sendiri. Apa sih web science itu? Web Science  adalah ilmu pengetahuan untuk memanipulasi web. Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link. Science adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat untuk memberi informasi yang akurat.

SEJARAH WEB SCIENCE:

Did you know? web science didirikan pada tahun 2006 dengan nama awal Web Science Research Initiative (WSRI). Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.
Aktifitas WSRI fokus pada (i) artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific, (ii) mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science dan (iii) mengikat pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.
Untuk melanjutkan aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web Science secara global, para direktur WSRI membuat badan amal-the Web Science Trust (WST). WST berkerja sama dengan World Wide Web. Golnya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam pengembangan Web Science. the Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web. the Trust dan the Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan disiplin dari Web Science dan akan bekerja bersama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentag Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat luas.

PENGERTIAN DAN SEJARAH ARSITEKTUR WEB:

Pada mula diciptakan arsitektur web bertujuan untuk mengedepankan penggunanya untuk berbisnis, membuat situs, berinteraksi, dll. Arsitektur sendiri dalam bahasa diterjemahkan sebagai cara untuk mendesain suatu karya agar mempunyai nilai estetika. Jadi Arsitektur Website adalah sebuah bentuk perancangan dan pendesainan dari arsitektur itu sendiri, dimana ia melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional.
 
Gambar Arsitektur Website :





Sumber: 
  • http://panjiapriyantooo.blogspot.com/2013/04/definisi-web-science-dan-sejarah-web_30.html
  • http://dwiprasetyo19.blogspot.com/2013/04/pengertian-sejarah-dan-perkembangan-web.html
  • http://fachryan29.blogspot.com/2014/04/perkembangan-web-science-dan-arsitektur.html
  • http://olindelin.blogspot.com/2012/03/sejarah-internet-web-dan-arsitektur.html



Komentar