DESAIN PEMODELAN GRAFIS

Kali ini saya akan membahas tentang Desain Pemodelan Grafis, mulai dari pengertian, prinsipnya, dan unsur yang ada di dalamnya.


Pengertian Desain Pemodelan Grafis
      Menurut beberapa sumber, Desain Pemodelan Grafis merupakan merencanakan suatu objek baru dengan menggunakan software, lalu mempunyai beberapa tahap agar suatu objek dapat dikatakan sebagai Desain Pemodelan Grafis, yaitu membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan/atau citra. Lalu Desain Pemodelan Grafis mempunyai beberapa arti jika dipisahkan menjadi beberapa kata. Yang pertama yaitu Desain, dalam bahasa inggris yang diambil dari bahasa latin (designare) mempunyai arti merancang. Pemodelan yang artinya yaitu membuat atau mendesain suatu objek agar terlihat semirip mingkin dengan model yang dicontohnya. Sedangkan Grafis mempunyai arti memanipulasi.

Prinsip Desain Pemodelan Grafis
  • Kesederhanaan (Simplicity)
      Sangat logis agar yang menikmati dapat menerima apa yang disampaikan, dan disarankan oleh para pakar agar diterapkan dalam pekerjaan desain grafis.
  • Keseimbangan (Balance)
           Tidak ada sisi yang paling menonjol atau dapat dikatakan sama rata dalam penglihatan visual.
  • Kesatuan (Unity)
           Kesatuan kohesi, konsistensi, ketunggalan, keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya ilustrasi, garis, dan teks diberi raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.
  • Penekanan (Aksentuasi)
           Penekanan dimaksud agar para pembaca dapat tertarik pada bagian desain yang dimaksud.
  • Irama (Rhytm)
           Pengulanagan unsur-unsur pendukung karya seni yang merupakan selisih antara dua wujud yang pada ruang, serupa dengan interval waktu pada dua nada musik yang beruntun.

Unsur Desain Pemodelan Grafis
  • Garis (Line)
       Menjadi penghubung antara titik satu dengan yang lainnya agar membentuk suatu objek lurus atau melengkung. Dan juga merupakan unsur dasar dalam pembuatan desain grafis.
  • Bentuk (Shape)
       Sering dikenal orang seperti kotak, lingkaran, segitiga, dan lainnya. Suatu objek yang memiliki diameter tinggi atau lebar.
  • Tekstur (Texture)
            Suatu tampilan permukaan benda yang dapat dinilai dengan dilihat ataupun diraba. Sering kali tekstur dipandang sebagai corak.
  • Ruang (Space)
           Merupakan suatu jarak antara suatu bentuk dengan yang lainnya. Yang pada prakteknya dapat dijadikan unsur untuk memberikan efek estetika desain dan efek dinamika desain.
  • Ukuran (Size)
       Unsur lain yang menyatakan besar atau kecilnya suatu objek. Dalam unsur ini ada dapat menciptakan penekan pada pembaca agar tahu mana yang dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
  • Warna (Colour)
            Suatu unsur yang paling penting, karena dengan warna kita sebagai pembuat Desain Pemodelan Grafis dapat menunjukan identitas, menyampaikan pesan, dan juga menarik perhatian para pembaca, serta membedakan sifat dari bentuk-bentuk secara visual.


Sumber:
  • tantanoxavia.wordpress.com/2014/10/21/desain-pemodelan-grafik-prinsip-dan-unsur-desain
  • eveevania.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafik.html

Komentar