HUBUNGAN KOMPUTASI DAN PARALLEL PROCESSING

PENGERTIAN KOMPUTASI

Komputasi adalah suatu pemecahan masalah terhadap data input (sebuah masukkan yang berasal dari luar lingkungan sistem) dengan menggunakan algoritma. Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains).



PENGERTIAN PARALLEL PROCESSING

Parallel processing adalah penggunaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara serentak. Parallel processing membuat program berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Komputasi paralel adalah sutu teknik melakukan komputasi secara bersamaan Biasanya diperlukan saat kapasitas yang digunakan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Pemrograman paralel adalah teknik pemrograman komputer yang memungkinkan eksekusi perintah/operasi secara bersamaan baik dalam komputer dengan satu ataupun banyak CPU. Tujuan utama dari pemrograman paralel adalah untuk meningkatkan performa komputasi. Semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara bersamaan, semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan. Komputer dengan satu CPU dapat melakukan parallel processing dengan menghubungkannya dengan komputer lain pada jaringan. Namun, parallel processing ini memerlukan software canggih yang disebut distributed processing software. Parallel processing berbeda dengan multitasking, yaitu satu CPU mengeksekusi beberapa program sekaligus. Parallel processing disebut juga parallel computing.



HUBUNGAN ANTARA KOMPUTASI DAN PARALLEL PROCESSING

Perbedaan parallel dan serial processing
Kinerja komputasi dengan menggunakan parallel processing itu menggunakan dan memanfaatkan beberapa komputer atau CPU untuk menemukan suatu pemecahan masalah dari masalah yang ada. Sehingga dapat diselesaikan dengan mempersingkat waktu. Hubungan komputasi dengan parallel processing yaitu menggabungkan beberapa CPU dan membagi-bagi tugas untuk masing-masing CPU tersebut. Sehingga masalah terbagi-bagi dalam penyelesainnya. Tetapi, lebih baik digunakan hanya untuk masalah besar karena masalah kecil lebih murah menggunakan satu CPU saja.



OPINI PRIBADI

Komputasi adalah suatu pemecahan masalah dari data input atau luar lingkungan sistem dengan menggunakan algoritma. Sedangkan pengertian parallel processing adalah penggunaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara serentak agar dapat mempersingkat waktu. Dan biasanya teknik parallel processing ini digunkan pada kapasitas yang besar. Semakin banyak program yang bisa dijlankan secara bersamaan, maka semakin banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan. Parallel processing juga membutuhkan software canggih untuk menjalankan tugasnya yaitu distributed processing software. Namun, paralallel processing ini berbeda dengan multitasking. Lalu, hubungannya komputasi dengan parallel processing yaitu memanfaatkan kerja dari parallel processing untuk menyelesaikan masalah dari data input.




SUMBER
https://niamoraa.wordpress.com/softskill-project-2/hubungan-pemoresan-paralel-dan-komputasi-modern/

http://andrianime.blogspot.co.id/2016/06/komputasi-dan-parallel-processing.html

Komentar