PENERAPAN KOMPUTASI MODERN WEBSITE PT TELKOM INDONESIA

   Apa itu komputasi?komputasi adalah suatu cara menemukan pemecahan masalah yang didapat dari input dengan menggunakan algoritma. Hal ini ialah apa yang dimaksud dengan teori komputasi, suatu sub bidang dari ilmu komputer dan matematika. Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknin penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah. Bidang komputasi modern berbeda dengan bidang ilmu komputer yang membahas komputasi, komputer, dan pemrosesan informasi. 

Jenis-jenis komputasi modern

    1. Komputasi Mobile
    Komputasi mobile merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa. Contoh dari perangkat komputasi ini adalah GPS, smartphone, dan lain-lain. 

    2. Komputasi Grid
    Komputasi Grid adalah suatu bentuk cluster (gabungan) komputer yang cenderung tak terikat batasan geografis. Di sisi lain, cluster selalu diimplementasikan dalam satu tempat dengan menggabungkan banyak komputer lewat jaringan.

    3. Komputasi Cloud
    Komputasi cloud suatu gaya komputasi modern yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud adalah sebuah solusi layanan penyimpanan data yang kian menjamur digunakan oleh perusahaan-perusahaan di berbagai dunia. Salah satu perusahaan yang juga menyiadakan komputasi ini adalah PT. Telkom Indonesia.

    Penerapan komputasi modern pada website PT. Telkom Indonesia

    Telkom telah menjadikan Telkom Cloud Computing sebagai salah satu layanan unggulan. Telkom Cloud Computing merupakan payung bagi layanan-layanan Cloud Computing yakni Telkom VPS dan Telkom Collaboration yang diorientasikan untuk pelanggan usaha kelas menengah kebawah. Berikut tampilan website PT. Telkom Indonesia yang menampilkan layanan beserta informasi yang berdasarkan cloud computing.












      Layanan Telkom Cloud telah digunakan oleh lebih dari 60 perusahaan dari berbagai industri, dan sebagian besar berasal dari industri keuangan yang mengutamakan security terhadap data. Dalam usaha revitalisasi Telkom Cloud, telah dilakukan pembenahan infrastruktur IT dan platform pendukung Telkom Cloud, tambahan layanan dan bundling dengan layanan VPN Telkom sedimikia rupa sehingga layanan Telkom Cloud juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
     Layanan baru yang ditambahkan ke dalam portofolio Telkom antara lain: VPS (Virtual Private Service) non-windows, Storage as a Service (sebagai VAS dari VPS), vDataCenter (solusi Virtual Private Data Center), dan layanan WebEx (layanan web conferencing/online meeting berkerja sama dengan Cisco). Dengan upaya revitalisasi ini, Telkom berharap dapat memulai perannya sebagai penyedia Cloud Computing (Cloud Computing Service Provider) untuk pelanggan enterprise dan sekaligus UKM. Teknologi yang digunakan TelkomCloud memiliki fitur dan teknologi sebagai berikut: 
    • Resource Pooling
    Penggabungan resource (storage, memory, bandwith, dll) menggunakan model multi-tenant.
    • On-Demand Self-Service
    End user pelanggan dapat menentukan dan memodifikasi layanan oleh mereka sendiri, tanpa interaksi secara personal dengan service provider.
    • Broad Network Access
    Kapabilitas jaringan, dan dapat diakses menggunakan platform thin or thick client (laptop) juga menggunakan software service tradisional
    • Rapid Elasticity
    Kapasitas layanan diubah sewaktu-waktu sesuai keinginan pangguna, scale up atau scale down
    • Measured Service
    Penggunaan resource dapat diawasi, dikontrol, dan dilaporkan, sehingga transparan bagi user dan provider.
    • Support Business Continuity Plan
    Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana atau kegagalan menyeluruh terhadap infrastruktur sehingga akan meminimalisasi terjadinya ganguan.



    Kesimpulan :
    Dalam website PT. Telkom Indonesia menerapkan komputasi awan, yaitu suatu metode komputasi yang memungkinkan terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga para pengguna seperti kita dapat mengakses nya lewat internet. Komputasi awan sangat berguna dalam sebuah website yang memungkinkan setiap pengguna dapat mengakses informasi di dalamnya dengan ketergantungan terhadap internet, lalu semua informasi tersimpan permanen di dalam server dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk dekstop, smartphone, tablet, dan lainnya.



    Referensi :

    Komentar