SEJARAH DAN MACAM-MACAM KOMPUTASI MODERN

John Von Neumann (1903-1957)
A. Komputasi Modern

Pengertian komputasi adalah suatu algoritma untuk menemukan pemecahan masalah dari data input. Data input disini adalah sebuah masukkan dari luar lingkungan sistem. Perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan alat sederhana berupa pena dan kertas, kapur dan papan tulis. Namun pekerjaan komputasi saat ini telah berevolusi dengan menggunakan komputer. Definisi ilmu komputasi secara umum adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah ilmu matematik atau ilmiah.
Berbeda dengan ilmu komputer, yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan imformasi. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang untuk menyelesaikan masalah. Dalam ilmu komputasi yang memiliki satu cabang yang bernama komputasi sains. Secara umum komputasi sains mendalami aspek komputasi untuk aplikasi atau memecahkan masalah dibidang sain lain. Sejarah komputasi modern begitu melekat dengan John Von Neumann, beliau disebut juga sebagai ilmuwan yang menggunakan dasar-dasar komputasi modern serta salah satu ahli matematika terbesar, dan beliau juga yang mencetuskan konsep sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori sehinga menjadi dasar sebuah ilmu yang dikenal sebagai arsitektur komputer hingga saat ini.

B. Sejarah Komputasi Modern

Komputasi modern seperti yang sudah dijelaskan pada bagian di atas yaitu sebuah konsep sistem yang menerima instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori, memori ini juga busa dari memori komputer. Seiring berjalannya waktu sampai saat ini kita menggunaka komputasi menggunakan komputer, maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Awal mula konsepnya dicetuskan oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau telah memberikan sumbangsih dalam bidang matematika, sains, dan ilmu komputer yang didedikasikan melalui karya-karyanya. 
Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi :

  1. Akurasi (big, floating point)
  2. Kecepatan (dalam satuan Hz)
  3. Problem Volume Besar (down sizzing atau paralel)
  4. Modelling (NN & GA)
  5. Kompleksitias (menggunakan teori big O)


C. Jenis-jenis Komputasi Modern

Komputasi modern mempunyai beberapa jenis yang dapat kita pelajari. Berikut adalah jenis-jenis komputasi modern.

1. Mobile Computing
Komputasi ini memiliki ciri yaitu dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa kabel dan dapat bergerak yang sesuai dengan namanya (mobile). Berdasarkan penjelasan ciri tersebut salah satu contohnya yaitu GPS, smartphone, dan lain sebagainya.

2. Grid Computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang berbeda dan didistribusikan/terhubung dengan jaringan untuk menyelesaikan masalah komputasi skala besar. Contohnya :

  • Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
  • Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka
  • Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.
3. Cloud Computing
Komputasi awan merupakan komputasi yang sedang digemari, gaya komputasi ini terbilang dinamis dan banyaknya sumber daya virtual yang menyediakannya melalui internet.




Opini pribadi :
Dalam penjelasan artikel yang telah dijelaskan pada bagian atas komputasi adalah suatu algoritma yang dapat memecahkan suatu masalah dari data input, data input yang dimaksud adalah suatu masukkan dari luar lingkungan sistem. Sedangkan komputasi modern adalah suatu konsep sistem dimana dapat menerima masukkan dan menyimpannya dalam memori komputer. Sejarah komputasi modern sendiri muncul berkat seorang ilmuwan bernama Jon Von Neumann (1903 - 1957), beliau adalah ilmuwan matematika, teori kuantum, fisika nuklir dan ilmu komputer dan beliau juga berperan pada Perang Dunia II dalam pembuatan bom atom di Los Alamos. Perhitungan yang dapat dilakukan oleh komputasi modern salah satunya yaitu kecepatan, bisa dibayangkan jika tidak adanya komputasi modern bagaimana kita dapat menghitung kecepatan. Komputasi modern juga mempunyai beberapa jenis, yaitu Mobile Computing, Grid Computing, dan Cloud Computing. Komputasi mobile lebih menggunakan teknologi seperti handphone, sedangkan yang lainnya menggunakan teknologi seperti komputer, dan juga proses komputasi mobile tergantung pengguna, komputasi grid tergantung server yang didapat oleh pengguna, dan komputasi awan tergantung jaringan internet sebagai penghubungnya.










Komentar