SIKAP MENGHARGAI WAKTU



Dalam menjalani kehidupan ini mungkin waktu adalah sebuah elemen yang tidak dapat dihindari. Ada yang mengatakan bahwa waktu akan memberikan kita luka dan waktu juga yang dapat menyembuhkan, maksudnya adalah bahwa dengan seiring waktu berjalan kita akan mendapatkan ujian dalam hidup dan kita juga akan merasakan kesenangan. Sikap dalam menghargai waktu begitu penting dalam kehidupan sehari-hari dan akan ada banyak keuntungan yang akan dirasakan setelahnya. Berikut adalah beberapa cara dalam menghargai waktu.

  • Tepat Waktu
Yang dimaksud tepat pada waktunya adalah lakukan kewajiban ketika waktunya telah tiba. Contoh sederhananya adalah ketika telah masuk waktu sholat maka bersegeralah untuk melaksanakannya, karena melaksanakan ibadah tepat waktu adalah saalah satu kunci dari hidup bahagia. Karena kewajiban harus dikerjakan tepat waktu jika ingin mendapatkan hak.

  • Menikmati Momen Berharga
Momen berharga tidak datang tiap saat, namun ketika momen itu datang nikmatilah hingga menjadi sebuah kenangan yang tak terlupakan. Misalnya ketika sedang berkumpul bersama keluarga jadikanlah itu sebuah momen yang tak terlupakan, rasakan kebersamaannya, buatlah percakapan yang menghangatkan, dan buatlah suatu ikatan yang mengeratkan sehingga dapat menikmati momen yang berharga tersebut.

  • Lakukan Hal Penting
Waktu itu terasa singkat bila kita tidak melakukan sesuatu. Lakukan beberapa hal penting dalam hidup agar mendapatkan pengalaman dan pelajaran. Pengalaman akan mengajarkan kita bagaimana waktu ini dapat berharga dalam hidup, dan pelajaran akan menghargai waktu lah yang dapat membuat hidup ini berharga.

  • Abaikan Hal Tidak Penting
Melakukan hal yang tidak penting membuat waktu terasa terbuang, maka mengabaikan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan pada hal yang tidak penting. Jika dapat mengabaikannya maka akan banyak waktu luang yang didapatkan dan memfokuskan pada suatu hal yang berharga.


Itulah beberapa sikap menghargai waktu yang menurut opini pribadi penulis dapat dilakukan agar waktu terasa berharga dalam hidup. 

Waktu Berdiam Cukup Lama Bagi Orang-orang Yang Menggunakannya - Leonardo Da Vinci

Komentar